Tuesday, February 21, 2017

The Secret of Signature (Listiani Aslim, MBA., CBA., CMHA.)

Saya sudah tertarik dengan grafologi dari SMP semenjak baca novel Sherlock dan ada analisis tentang tulisan tangan di kasus The Adventure of the Raigate Squire dan The Adventure of the Norwood Builder. Saya penasaran benarkah tulisan tangan anak ada kecenderungan dengan tulisan tangan orang tuanya? Benarkah tulisan tangan bisa menunjukkan kepribadian seseorang atau kondisi lingkungan orang saat menulisnya? 

Ketertarikan saya bertambah saat guru sastra saya di SMA menganalisis hal-hal detail tentang saya melalui tulisan tangan saya. Saya malu juga saat beliau mengungkapkan analisisnya di depan kelas. Teman-teman sekelas waktu itu banyak yang melongo tidak percaya. Saat beliau ke luar kelas dan teman-teman bertanya penuh penasaran pada saya, dengan tegas saya menolak kebenaran analisis itu padahal dalam hati mengakui sebagian besar kebenarannya.

Saat kuliah seorang pembicara yang sering saya undang untuk mengisi pelatihan di kegiatan organisasi juga mempelajari dan menjadi pakar grafologi yang dikhususkan pada tanda tangan makin membuat saya penasaran. Apakah ilmu grafologi ini benar-benar bisa diterapkan? Sejauh mana pengaruh grafologi pada kehidupan manusia? 

Jadi saat ke Palasari dan ada yang berniat mentraktir saya buku, saya pilih buku ini yang kebetulan judulnya tertangkap mata saya. Waktu itu saya dan ibu jalan-jalan (lupa ke mana) dengan bibi dan sepupu. Pulangnya bibi mampir ke palasari mencari buku latihan UN untuk anaknya. Saat itu saya sedih harus ke toko buku tapi saldo di dompet saya sedang tidak mendukung. Ibu saya sepertinya menangkap ratapan kesedihan saya. Tiba-tiba ibu
bilang "Budgetnya Rp...., pilih bukunya. ". Bibi juga bilang "Bibi nyumbang nih, segini. Jangan yang mahal-mahal ya. " Huaaaa... Terharu banget. Mimpi apa saya semalem bisa dapet buku gratisan. y^o^yLangsung deh, nyari. Dapet 3 buku sesuai budget yang dikasih ibu sama bibi. Salah satunya buku ini. 

Anatomi buku ini:
Judul: The Secret of Signature, Dasyatnya Tanda Tangan Dibalik Kesuksesan
Penulis: Listiani Aslim, MBA., CBA., CMHA.
Penerbit: Penerbit Andi
Tahun terbit: 2013
Jumlah halaman: 90
Dimensi: 13,7 cm X 21 cm
Harga: Rp 30.000

Buku ini sangat praktis. Tidak terlalu banyak teori. Dilengkapi juga dengan gambar berupa foto-foto contoh tulisan yang sedang dianalisis. Jadi, didalamnya bukan hanya membahas tentang tanda tangan, tapi juga analisis tulisan tangan. Orang awam yang tidak paham grafologi bisa langsung praktek menganalisis tulisan tangan dan tanda tangan dengan buku ini. 

Analisis tulisan tangan menggunakan cara yang sama seperti kerja natural otak ke tangan, hanya dibalik urutannya. Dari tulisan tangan ke perasaan lalu ke pikiran. Artinya, dari tulisan dan goresan yang dihasilkan, orang-orang tertentu yang sudah memiliki pengetahuan grafologi dapat membaca karakteristik orang tersebut. 

Demikian juga dengan tanda tangan yang merupakan bagian dari tulisan tangan sehingga dapat dianalisis dengan cara yang sama. Tanda tangan biasanya dibuat untuk urusan penting dan formal sehingga tanda tangan lebih mencerminkan penggambaran diri atau personalitas di hadapan orang lain. Menurut teori behavioral, personalitas atau kepribadian itu hanya dapat mewakili keseluruhan karakteristik orang sebanyak 5% dan paling banyak 20%.

Walaupun hanya mewakili 5%-20%, tetap saja penting karena kebanyakan orang menilai pertama kali dari yang 5%-20% tersebut. Dengan kata lain, tanda tangan akan membantu membuka pintu pertama untuk keberhasilan bisnis dan karir seseorang. 

Buku ini ada di belbuk juga kalau mau beli online. 

The Secret of Signature: Dahsyatnya Tanda Tangan Dibalik Kesuksesan Toko Buku Online Terpercaya

Baca juga:
Change Your Handwriting Change Your Life

4 comments:

  1. Pernah ikutan workshop analisis tulisan dan ttd, ingin ngerubah ttd tapi bingung sama administrasi yg ttdnya udah terlanjur kyk gtu hehe TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. :) Saya juga dari dulu pengen ngerubah ttd, ujung-ujungnya waktu SMP cuman ngilangin bintangnya aja. Bentuknya tetep sama. Hihi. Kyknya kalau ganti sekarang ribet juga ya.

      Delete
  2. Meskipun hanya 5% - 20% kadang grafologi masih dipakai ya. Apalagi pas lamaran pekerjaan dan harus pakai tulisan tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Di era teknologi canggih yang sudah lumrah dengan mesin printer, masih banyak yang mensyaratkan tulisan tangan pada surat lamaran kerja. Bahkan dokumen-dokumen resmi seperti ktp, rekening, perjanjian jual beli, dll harus dilengkapi dengan tanda tangan.

      Delete