Tuesday, February 7, 2017

Asas-Asas Katakana (Anne Matsumoto Stewart)


Buku ini sangat bermanfaat bagi saya dan orang-orang yang ingin menguasai katakana dengan mudah. Menurut saya katakana memang lebih mudah daripada kanji. Tapi lebih sulit dibandingkan hiragana. Itu karena katakana yang fungsinya untuk menuliskan kosakata asing mempunyai lebih banyak karakter dan kombinasi huruf daripada hiragana.

Waktu itu saya menemukan buku ini di rak buku bibi saya. Bibi saya guru Biologi, tapi temannya meminjamkan buku ini. Saya heran juga bibi saya belajar tentang B. Jepang. Lalu saya pinjam dan latihan menulis sesuai buku ini. Benar-benar terasa mudah.

Anatomi buku ini:
Judul: Asas-Asas Katakana
Judul asli: All About Katakana
Penulis: Anne Matsumoto Stewart
Penerjemah: Nasir Ramli
Penerbit: Kesaint Blanc Oriental
Penerbit asal: Kodansha International
Tahun terbit: 1996
Jumlah halaman: 196
Dimensi: 12 cm X 18 cm
Harga: 23.000

Kelebihan buku ini sudah tertulis di covernya, kita bisa mengingat katakana dengan mudah dan tanpa susah payah, membantu kita untuk belajar membaca dan menulis katakana, memungkinkan kita untuk menguasai lebih dari 1000 kosakata, serta memuat glosari lengkap: Katakana-Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris-Katakana. Jadi bagi saya yang orang Indonesia bisa sekalian juga belajar kosakata B. Inggris.

Setelah menggunakan buku ini untuk latihan, saya menyadari kenapa mengingat katakana jadi terasa lebih mudah. Dalam buku ini, huruf katakana tidak disajikan dalam urutan secara tradisional (seperti dalam tabel), tetapi dalam urutan baru yang memudahkan untuk membaca dan menulis kata-kata yang mempunyai arti sejak dari pelajaran pertama. Petunjuk urutan, arah, dan batas-batas goresan tiap huruf juga ada. Ditambah juga petunjuk pengucapan. Di setiap akhir pelajaran juga ada latihan penulisan.

Kelemahan buku ini, mungkin kelemahan saya saja sih yang belum terlalu paham penggunaan tanda vokal panjang. Beda dengan hiragana yang mudah sekali dipahami vokal panjangnya, pada katakana sedikit sulit karena tidak ada patokan aturan mengenai pemakaian vokal panjang. Mungkin seharusnya pembahasannya ditambah tentang hal tersebut.

Pada akhirnya, bibi memberikan buku ini pada saya setelah temannya memberikan pada bibi. Jadi saya mendapatkan buku ini secara gratis. Hehe.

Maaf, fotonya.. Bukan alasan kalau ini bukan buku baru. Tapi saya terlalu semangat memakai buku ini saat latihan menulis sampai ketiduran. Saking sering dibuka juga bukunya. Yah, bukan alasan juga sih bukunya sampai lecek gini.

Kekurangan lainnya dari buku ini, kertasnya gampang lepas dan berhamburan, jadi sebaiknya memang dijilid ulang sebelum dipakai. Tapi mungkin cetakan yang sekarang sudah diperbaiki. Kalau tidak salah saya diberi buku ini tahun 2007/2008. Waktu jaman SMA. Kalau mau beli di belbuk juga ada.

Seri Renik Bahasa: Asas-asas Katakana Toko Buku Online Terpercaya

Baca juga:
Percakapan dan Tata Bahasa Jepang
Nihongo No Tekisuto

2 comments:

  1. Bukunya menarik.. lumayan untuk memperdalam katakana.. saya pun agak kesulitan menggunakan katakana.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sangat membantu buat latihan katakana. Tapi sampai sekarang kanji tetap jadi huruf yang paling menantang. Masih nyari buku referensi yang bagus buat belajar kanji.;)

      Delete