Wednesday, June 14, 2017

Kamus Praktis KANJI - INDONESIA (T. Chandra)


Kemarin bisa jalan berdua saja sama suami. Hawnan dibawa neneknya ke sekolah, karena di sekolah neneknya sebenarnya sudah selesai tinggal nunggu waktu membagikan raport, jadi bisa ngajak cucunya main di sekolah. Suami ngajak ke kajian, pulangnya kita ke Gramedia. Mumpung di Bandung. Hihi.

Saya seneng banget kalau ke tempat-tempat yang terdapat banyak buku. Sempet ditegur juga karena katanya saya jalan kecentilan. Tanpa sadar kalau lagi seneng jalan saya jadi melompat-lompat.

Dari rumah memang sengaja bawa uang terbatas, karena saya khawatir akan impulsif kalau sudah berurusan dengan buku. Tapi setelah dipikir-pikir kalau bareng suami saya tidak mungkin impulsif. 😂

Jarang banget bisa keluar berdua kayak gini. Jadi harus dioptimalkan sebaik mungkin. Walaupun agak malu-malu kami gandengan aja kayak yang lagi pacaran. Kalau yang pacaran aja ga malu, harusnya kami yang udah nikah bisa lebih PD kan.

Suami langsung nanya mau nyari buku apa. Sebenernya sih saya niatnya cuman keliling-keliling aja numpang baca gratis, hehe. Tapi biar keliatan agak serius jadi saya bilang aja buku Dan Brown udah ada yang terbaru, ORIGIN (walaupun saya tahu pasti belum ada terjemahannya di Gramedia karena emang baru banget.)  :P

Pokoknya kita keliling-keliling aja liat-liat buku. Saya tahu suami bukan termasuk orang yang interest dengan buku. Dia simpel, kalau butuh informasi tinggal nyari di google atau download e-book kalau "benar-benar butuh". Jadi saya appreciate banget dia mau nemenin saya ke tempat yang menunjang hobi saya.

Saat di thriller book corner, saya langsung ngiler liat paketan novel Conan Doyle dan Agatha Christie. Tapi direm, diingetin kalau saya udah pernah baca semuanya. Walaupun saya pengen baca lagi, tapi yaudah lah.

Setelah berkeliling cukup lama, sampailah di language corner. Tentu saja saya langsung melirik buku-buku bahasa jepang. Dan akhirnya memutuskan untuk membeli kamus kanji ini. Cari buku untuk latihan kanji tidak ada. Tapi saya tertarik dengan kamus ini.

Kemampuan membaca kanji saya masih rendah. Saya hanya menguasai sedikit kanji sekitar 200an. Kanji kan ribuan. Mumet banget kalau liat kanji. Kamus ini menarik karena menyediakan cara mudah kita mencari kanji sesuai dengan jumlah goresan. Jadi ini kamus khusus untuk mencari kanji. Kalau kamus Jepang-Indonesia saya sudah punya Kenji Matsūra yang benar-benar lengkap.

Anatomi kamus ini:
Judul: Kamus Praktis KANJI - INDONESIA
Penulis: T. Chandra
Penerbit: Evergreen
Tahun terbit: 2011
Jumlah halaman: 580
Dimensi: 10,7 cm X 16,2 cm
Harga: Rp. 57.000

Jadi kita mencari kanji di jumlah goresan yang akan menuntun kita ke halaman dimana kanji tersebut berada. Lalu di sana akan ada banyak pilihan arti berdasarkan gabungan dengan kanji lainnya. Ada juga cara baca kunyomi dan onyominya.

Kelebihan kamus ini adalah penyusunannya yang praktis untuk mencari kanji yang dimaksud. Ukurannya yang memudahkan dibawa kemana-mana juga bagus. Tapi tetap saja kita harus tahu berapa jumlah goresan kanji yang kita cari.

Ada 1866 kanji di kamus ini. Sangat membantu bagi yang masih bingung membaca kanji. Oh iya saya juga merekomendasikan aplikasi WWWJDIC, Kanji Recognizer, dan Furigana untuk belajar membaca, mengingat, dan menulis kanji.

Lumayan hampir dua jam keliling Gramed. Walaupun pengen lebih lama di sana biar bisa baca gratisan, tapi harus sadar saya sudah punya anak. Walaupun ada neneknya yang ngasuh, tapi saya kan ibunya, saya tidak mau membebankan tanggung jawab mengasuh anak pada ibu saya terlalu lama. Ninggalin anak beberapa jam saja sudah kepikiran. Padahal sebenarnya Hawnan anteng sih anaknya. Tapi tetep aja khawatir ngerepotin ibu saya.

No comments:

Post a Comment